Gapasdap Cabang Merak pastikan ratusan penumpang di KMP ROYCE 1 milik PT DLB KM Rois 1 Merak – Bakauheni selamat

By Redaksi / 07/05/2023
IMG-20230507-WA0034
Spread the love

Merak, PortalBanten.id|Kapal Feri KMP Royce 1 terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Sabtu (6/5/2023) sore. Sumber api diduga berasal dari sebuah bus yang mengalami kebakaran Bus di dalam kapal mengalami kebakaran terjadi pukul 15.08 WIB. Saat itu, kapal dilaporkan baru melintasi Pulau Tempurung sesaat sebelum terbakar.

Setelah menerima laporan, tim SAR gabungan dari Basarnas Banten, Lanal Banten, Polairud Banten, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Banten, Balai Pengelola Transportasi Darat Banten PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Merak, serta Palang Merah Indonesia , Gapasdap Cabang Merak melakukan evakuasi ratusan penumpang. Selain petugas, nelayan setempat juga turut membantu proses evakuasi.

Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Cabang Merak pastikan ratusan penumpang di KMP ROYCE 1 milik PT DLB KM Rois 1 arah Merak Bakauheni selamat.

Ketua Gapasdap Cabang Merak Togar Napitupulu menyampaikan pasca insiden kebakarnya kapal KMP ROYCE 1 milik PT DLB KM Rois 1 arah Merak Bakauheni pada pukul 15:45 Wib kata dia, pihaknya telah melakukan evakuasi kepada 5 kapal yang di miliki. Sehinggga dari 5 buah kapal tersebut turut membantu evakuasi korban kebakaran di sebuah kapal yang di duga akibat terjadi kebakaran dari sebuah truk hingga api tersebut merambat ke kapal

 “Kurang lebih 5 kapal yang di evakuasi oleh kami dari Gapasdap Banten,”kata Togar Napitupulu kepada wartawan, Sabtu 06 Mei 2023.

Diungkapkan Togar Napitupulu bahwa, insiden kebakaran itu dari arah kapal Merak yang hendak ke Pelabuhan Bakauheni. Sehingga dari kejadian itu ia belum mengetahui apakah sudah ada yang terbawa kah dari kapal pelabuhan Merak ke Bakauheni.

“Kapal dari bakauheni kan dari sana. Dan kapal itu dari merak. Yang dievakuasi itu dari bakauheni ke Pelabuhan Merak. Iyah semuanya kita evakuasi,” ungkapnya.

Diakui Togar Napitupulu saat ini Gapasdap Cabang Merak bersama tim gabungan baik dari Basarnas dan stakeholder terkait tengah melakukan evakuasi korban yang ada di kapal KMP ROYCE 1 milik PT DLB KM Rois 1. Kendati demikian, Lanjut Togar dipastikan bahwa kejadian korban kebakaran tersebut selamat semua.

“Sampai sekarang masih dilakukan evakuasi. iyah dipastikan selamat semua dan tinggal kendaraan juga sedang kami selamatkan juga dipastikan aman,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Cabang PT Damai Lintas Bahari KMP ROYCE 1 Main Damani mengungkapkan, pihaknya akan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh penumpang serta kendaraan yang menjadi korban dalam insiden tersebut, termasuk kepada para penumpang yang masih menunggu di Pelabuhan Merak.
“Ada sekitar 456 penumpang yang ada di dalam kapal itu, dan Alhamdulillah seluruhnya bisa diselamatkan dengan baik,”
Pihak perusahaan sudah berkomitmen beserta pihak terkait untuk memberikan hak-hak para penumpang seperti mengganti rugi kendaraan, memfasilitasi penumpang yang akan melanjutkan penyebrangan serta memberikan fasilitas penginapan di Hotel atau penginapan di sekitar Merak. Semuanya sudah diperhitungkan.

“Sudah ada Sebagian penumpang yang menyeberang kembali melalui dermaga eksekutif dan dermaga reguler. Sedangkan yang menunggu di sini, mereka sebagian besar yang menggunakan kendaraan pribadi maupun bus. Bagi penumpang bus juga jika ingin melanjutkan perjalanan, sudah disiapkan bus dengan tujuan yang sama di Pelabuhan Bakauheni,” jelas Main

Main memastikan insiden tersebut tidak ada korban yang meninggal dunia. Kalaupun ada hanya luka-luka yang saat ini tengah dilakukan perawatan dari pihak terkait.(Budi)

Redaksi

Related posts

Comments are closed.

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News