Hadapi Arus Mudik, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Pastikan Kesiapan Satgas RAFI 2024

By Redaksi / 06/04/2024
Foto 1
Spread the love

JAKARTA, PB|Dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran tahun 2024, Pertamina Patra Niaga melakukan pemantauan kesiapan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.40202 Jl. Soekarno Hatta Bandung, Pertamina Call Center (PCC) 135, Fuel Terminal (FT) Padalarang dan Aviation Fuel Terminal (AFT) Halim Perdanakusuma Jakarta. Sabtu, (6 April 2024).

Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) Deny Djukardi beserta jajarannya mendampingi Plt. Komisaris Utama Pertamina (Persero) Iggi H. Achsien dan Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati serta Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan pada hari Jumat tanggal 5 April 2024.

Pemantauan pertama dilakukan di SPBU 34.40202 dimulai dengan pemaparan Sales Area Manager (SAM) Retail Bandung Sindhu Priyo Windoko mengenai kesiapan stok BBM dan LPG, sarana dan fasilitas (sarfas) penyaluran BBM dan LPG serta layanan tambahan dalam masa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) tahun 2024 yang disediakan di wilayah Sales Area Bandung, kemudian dilanjutkan melihat proses pengecekan fisik dispenser SPBU, uji tera metrologi BBM, SPBU Kantong/Mobile Storage dan Motorist/Pertamina Delivery Service (PDS) serta pemberian bingkisan untuk operator SPBU.

Nicke Widyawati mengatakan wilayah Regional JBB menjadi daerah tujuan pemudik seperti Banten yang juga menjadi pintu keluar masuk pemudik menuju ke arah pulau Sumatera.

Sementara Provinsi Jawa Barat daerah tujuan mudik sekaligus pintu keluar pemudik menuju ke arah Jawa Bagian Tengah maupun ke arah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

“Hari ini di SPBU Jl. Soekarno Hatta Bandung, kami melakukan pemantauan secara menyeluruh dimulai dari operasional dan sarfas SPBU, Quality Control (QC) dengan uji tera memastikan kualitas dan kuantitas BBM serta pengecekan mobil tangki dan tangki timbun,” ujar Nicke.

Dalam peninjauan ke layanan pelanggan Pertamina Contact Center, Riva Siahaan menjelaskan bahwa PCC 135 merupakan garda terdepan saluran komunikasi dan layanan informasi Pertamina kepada masyarakat yang beroperasi selama 24 jam yang terdiri dari operator yang terlatih, siaga menjawab seluruh kebutuhan informasi mengenai produk dan layanan Pertamina serta membantu penyelesaian pengaduan Masyarakat terkait Pertamina.

“PCC 135 merupakan komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan banyak melakukan terobosan dan tiada henti melakukan inovasi,” jelas Riva

Peninjauan berikutnya dilakukan di FT Padalarang dan AFT Halim Perdanakusuma untuk memastikan keamanan stok dan kelancaran distribusi BBM di wilayah Regional JBB.

Deny Djukardi mengungkapkan bahwa dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran tahun 2024 Pertamina Patra Niaga Regional JBB telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait diantaranya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam rangka pengawalan mobil tangki BBM dan LPG apabila diperlukan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Telekomunikasi (Telkom) Indonesia, Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Di Regional JBB, Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan BBM dan LPG yang terdiri dari 6 Fuel Terminal, 4 LPG Terminal, 5 Aviation Fuel Terminal, 1.578 SPBU, 584 Pertashop, 203 SPBE, 3 SPBE Industri, 1.647 Agen LPG PSO, 259 Agen LPG NPSO, 48.009 Pangkalan LPG PSO dan 647 unit Mobil Tangki dengan kapasitas total 13.273 KL serta 3.023 orang Awak Mobil Tangki,” ungkap Deny.

“Di masa Satgas RAFI disediakan layanan tambahan berupa 197 SPBU Siaga, 1.643 Agen Siaga, 54 titik Motorist Siaga, 2 unit Serambi My Pertamina, 17 titik Modular dan 33 unit Mobil Tangki dengan kapasitas total sebesar 792 KL,” tutup Deny.

Pertamina menjamin kelancaran distribusi dan ketersediaan stok BBM bagi seluruh masyarakat di wilayah Regional Jawa Bagian Barat.

Untuk memastikan kelancaran distribusi dan pelayanan Pertamina baik BBM, LPG maupun Avtur diperlukan adanya partisipasi aktif masyarakat dan apabila masyarakat membutuhkan informasi terkait produk dan layanan Pertamina serta informasi mengenai Subsidi Tepat ataupun menemukan adanya kendala dan hambatan distribusi yang terjadi di lapangan dapat menghubungi PCC 135 atau melalui email ke pcc@pertamina.com. (Te/Red).

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News