Babinsa Koramil 0602-15/Baros Bersama Petugas Penyuluhan Praktekan Cara Membuat Pupuk 

By Redaksi / 15/08/2023
IMG-20230815-WA0029
Spread the love

Serang, PB|Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Babinsa Koramil 0602-15/ Baros Kodim 0602/Serang Pembantu Letnan Dua (Pelda) Osid, bersama PPL dan Kelompok Tani Mekar Tani  melaksanakan praktek bersama pembuatan pupuk organik di Desa Padasuka Kecamatan Baros Kabupaten Serang Provinsi Banten, Selasa (15 Agustus 2023).

Kebutuhan akan pupuk terhadap lahan sawah petani memang tidak seluruhnya harus dipenuhi dengan pupuk kimia yang diproduksi oleh pabrikan. Akan tetapi, untuk menghemat serta memperbaiki unsur hara pada tanah pupuk organik merupakan alternatif yang terbaik.

Bahan dasar pembuatan pupuk organik tersebut pun relatif mudah didapat dan sederhana, Yaitu dengan memanfaatkan Jerami padi, dedak, pupuk kandang, gula, dan lain-lainnya.

Praktek pembuatan pupuk organik tersebut dihadiri oleh Koordinator PPL Ibu Elah beserta tim Penyuluh, Danramil beserta Babinsa dan Anggota Kelompok Tani Mekar Tani yang di pimpin Bpk. Obed dan seluruh anggotanya.

Danramil 0602-15/Baros Kapten Inf Hariyanto menyampaikan ” Para Petani harus cerdas dan peduli dalam memanfaatkan sisa hasil pertanian khususnya jerami padi yang bisa di buat menjadi pupuk organik. karena keuntungannya selain lebih menyuburkan tanah, pembuatan pupuk organik ini dapat menghemat pengeluaran anggaran petani,”

Selaku ketua kelompok tani Mekar Tani Bpk  Obed menyampaikan banyak terima kasih, atas arahan serta pendampingan yang dilakukan seperti ini. 

“Sehingga menambah pemahaman kami dalam pembuatan pupuk organik, hal ini tentunya menghemat pengeluaran kami untuk kebutuhan pupuk serta menyehatkan masyarakat karena mengurangi pengolahan lahan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik.

Editor : Teja

Sumber: Pendim 0602/Serang

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News