Gandeng DMI, PRNU Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Adakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

By Redaksi / 12/06/2022
IMG-20220612-WA0048

TANGERANG|Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear Gelar pelatihan pemulasaran jenazah bersama DKM musholla Almujahidin perum kirana surya Rt. 09/03 Pasanggrahan, Tangerang Banten. Pada pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman semua relawan dalam menunaikan kewajiban kifayah dilingkungan masyarakat setempat.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada minggu, 12 Juni 2022, dan diikuti oleh 50 peserta dari komunitas relawan BSK-09 Perum kirana surya. Tentunya dengan memberikan materi sekaligus praktek langsung di tempat.

Kiyai Hartono, selaku pemateri yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Solear mengungkapkan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan positif ini dan selalu mendukung event yang di selenggarakan oleh PRNU desa pasanggrahan. Tak lupa beliau pun mengingatkan kepada peserta agar bijak dalam menyikapi dan menggunakan sosial, dimana banyak informasi yang mudah didapat namun belum tentu kebenarannya, khususnya dalam bidang keagamaan.” pungkasnya

Adapun Nurwahid selaku ketua panita menerangkan. Tujuan di adakannya pelatihan ini merupakan ilmu dan pengetahuan yang penting dalam menunaikan kewajiban serta fardu kifayah dalam kehidupan bermasyarakat.

“Selain bisa meningkatkan kualitas dan profesionalisme para relawan, juga mencegah kekeliruan saat praktik yang sesungguhnya, baik itu memandikan, mengkafani, menshalatkan maupun memakamkan jenazah.” ujar kang wahid sapaan akrabnya

Hal senada di ungkapkan oleh ketua GP Ansor desa asaanggrahan. M Akmaludin menyambut baik dan sangat mendukung penuh adanya kegiatan mulia ini.

“kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat, siapapun dan dimanapun karna sangat jarang sekali orang-orang yang menguasai ilmu dan pengalaman dalam mengurusi jenazah dijaman serba digital seperti saat ini.” katanya. 

Ia pun menambahkan bahwa Saat pengurus NU berkoordinasi menyoal pelatihan ini, langsung saya respon dan adakan pembahasan tehnis pelaksanaannya, sebagai bentuk responsif saya terhadap hal-hal positif karena hal ini sangat penting bahkan urgent dimasa digitalisasi seperti ini,jarang yang peduli soal pengurusan jenazah ini, tentunya kami juga akan berkolaborasi dengan stekholder yang bisa membantu kelancaran kegiatan seperti ini, diantaranya adalah lembaga LTMNU.

Ditempat terpisah, Ustadz Alam pun ungkapkan bahwa dirinya berharap pengurus dan kader PRNU desa pasanggrahan semakin solid dan kompak dalam menjalankan tugasnya.

“Mengingat kegiatan sosial ini merupakan kali kedua setelah mengadakan bakti sosial donor darah yang bekerjasama dengan PMI kabupaten tangerang bulan lalu.” ujar Ketua PRNU

Mewakili para peserta. Kang Ade sebagai salah satu peserta aktif ungkapkan.

“Pelatihan yang dilaksanakan ini sangat penting. Penyampainya pun sangat asyik, rinci dan jelas. Tentunya menambah antusias dan semangat kami, serta mudah dicerna dan dipahami oleh para peserta yang berusia cenderung senja seperti kami kami ini.” Ungkapnya sambil tertawa bahagia.

Muhdi Perdiansyah

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News