Pangkalan TNI AL Banten Gelar Bakti Sosial Pelepasan Burung Dan Tupai

By Redaksi / 12/05/2023
IMG-20230512-WA0082
Spread the love

Cilegon, PortalBanten.id|Pangkalan TNI AL Lanal Banten melaksanakan bakti sosial dengan melakukan Beach Clean Up, penanaman pohon, peletakan batu pertama renovasi mushola, pelepasan burung dan tupai. Kegiatan berlangsung di Pulau Merak kecil pada Jumat (12/5/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Banten, Dandim Cilegon, Ketua PHRI Banten, Kejari Cilegon, Plt. Kadis Lingkungan hidup, Camat Pulomerak, Lurah Mekarsari, Kapolsek Pulomerak, serta Instansi industri lainnya seperti PT. ASDP Merak, Indonesia Power. Chandra Asri, dan Pelindo serta Bank BJB

Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, S.H. dalam wawancaranya mengatakan bahwa kegiatan yang di lakukan hari ini merupakan bentuk Inisiasi atau Apresiasi TNI Lanal Banten kepada para pemuda di Pulau Merak Kecil atau komunitas Anak Pulo yang dalam hal ini telah memberdayakan ekonomi masyarakat seperti pendapatan para nelayan dan juga masyarakat yang berjualan di pulau kecil tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, S.H. oleh karenanya TNI Angkatan Laut adakan kolaborasi bersama anak pulau dalam melakukan bersih-bersih sampah penanaman pohon dan juga pelepasan hewan sebagai bentuk pengembangan ekosistem di Pulau Merak Kecil tersebut.

Danlanal juga berharap adanya kerja sama yang baik antar lembaga, intansi juga pemerintah guna kemajuan agrowisata ini.

“Hari ini sebenarnya untuk menginisiasi atau mengapresiasi yang sudah dilakukan oleh komunitas anak muda di sini yaitu anak pulau, jadi luar biasa sekali Kemarin pas liburan Idul Fitri sampai 3000 perhari yang datang ke sini, jadi ada pemberdayaan ekonomi masyarakat di sini,” tuturnya.

Lebih lanjut, akan dilaksanakan pembinaan disiplin misalnya setiap pengunjung di setiap kapal itu harus ada namanya Life jacket atau swimpes kemudian juga akan dilakukan keamanan pengunjung yang layak, seperti harus ada lifeguard dan sebagainya juga kerjasama dengan angkatan laut dengan BPTD dan seluruh stakeholder terkait serta Pemerintah Kota Cilegon 

“Tranportasi menggunakan perahu nelayan, UMKM nya berjalan, kerajinan tangan juga bisa terbantu. Kedepan kita mengajak pemerintah kota Cilegon, perusahaan juga instansi terkait untuk sama-sama membangun sinergitas agar UMKM dan perbaikan di Pulau Merak kecil ini segera mendapat perhatian,” paparnya.

Danlanal berharap, Mudah -mudahan apa yang kita lakukan memberikan efek positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Walikota Cilegon yang diwakili oleh Plt. Lingkungan Hidup Kota Cilegon Azis Setia Ade, mengatakan bahwa dirinya akan mensuport baik sarana dan prasarana dalam mendukung kebersihan Pulau Merak kecil dengan berkomunikasi beberapa Industri yang ada di Kota Cilegon untuk dapat menyediakan tempat sampah.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih dan kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Lanal Banten tentunya kami dari pemerintah kota Cilegon tentunya akan men-support kekurangan -kekurangan yang ada di Merak kecil ini.”

“tentunya dengan kedatangan wisatawan baik lokal maupun dari luar ini harus diberikan juga pelayanan yang lebih maksimal dari sisi kebersihan misalnya tadi Kita sudah melaksanakan kegiatan bersih-bersih tentunya kita harus didukung juga dengan sarana dan prasarananya. Seperti tempat-tempat sampah, untuk pengangkutannya adalah tugas kami dari dinas secara tidak langsung kerjasama kita tadi sudah berkolaborasi juga dengan pihak dinas Dispora dan pariwisata yang memberikan pembinaan terhadap anak Pulau.” Jelasnya. (Budi)

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News