Aliansi BEM Banten Bersatu Konsisten Mengawal Pembangunan di Daerah 

By Redaksi / 12/05/2024
IMG-20240512-WA0021
Spread the love

SERANG, PB|Peran mahasiswa dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan berkeadilan di era 5.0 dapat dipetakan ke dalam berbagai bidang dan mengawal pembangunan di daerah, demikian dikatakan Idan Wildan Sekretaris Aliansi BEM Banten, di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur (STAISMAN) Pandeglang, Sabtu (11/05/2024).

Diungkapkan Idan, dalam dunia pendidikan misalnya, mahasiswa dapat berperan dalam membantu mengembangkan kurikulum yang up to date dan relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat digital. 

“Mahasiswa  dapat memberikan kontribusinya dalam mengajarkan keterampilan digital, etika teknologi, serta literasi data yang sudah semakin dibutuhkan masyarakat terutama di Banten,” ujar Idan.

“Dalam dunia penelitian dan inovasi (Research and Innovation), mahasiswa sebagai agen inovasi dapat mendorong penelitian yang berkaitan dengan pentingnya pemanfaatan teknologi untuk menjadi solusi bagi berbagai permasalahan sosial. Inovasi ini bisa dilakukan di berbagai bidang, seperti bidang kesehatan, pertanian, energi terbarukan, dan lain-lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” terang Idan 

Selain itu, lanjut Idan, mahasiswa juga dapat menjadi penggerak dunia kewirausahaan yang berorientasi sosial, menjadi penggerak kewirausahaan sosial yang mengatasi permasalahan sosial dengan solusi berbasis teknologi. 

“Pada gilirannya, pemanfaatan teknologi ini diyakini dapat membantu mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan dampak positif dalam kehidupan masyarakat,” kata Idan.

Hal yang tak kalah pentingnya Kata Idan, adalah di bidang advokasi politik, hukum dan hak-hak konstitusional warga negara. Dengan semakin matangnya kehidupan demokrasi kita, mahasiswa sebagai kelompok intelektual dapat menjadi suara yang mengadvokasi aspirasi masyarakat dengan cara-cara yang lebih canggih, inovatif dan efektif. Sehingga Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Demokrasi dalam perhelatan Pilkada Serentak tahun 2024 mendatang dan mewujudkan Pilkada yang aman dan damai.

“Dengan bantuan teknologi, begitu banyak persoalan politik yang dapat dicarikan jalan keluarnya. Dengan begitu, mahasiswa dapat menggerakkan kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk sama-sama menyadari hak politik, hukum dan hak-hak konstitusionalnya yang dijamin oleh negara,” tegas Idan.

Menurut Idan, dengan mengamalkan nilai-nilai integritas, keberanian, dan kejujuran, mahasiswa bisa menginspirasi lahirnya generasi muda yang mampu membawa perubahan ke arah yang positif.

Dengan kondisi Banten saat ini, sambung Idan, mahasiswa dapat menjadi pembawa nilai-nilai keadilan dan kesetaraan. Dengan kecerdasan dan kritisisme yang dimiliki, merupakan modal untuk terus memperjuangkan keadilan dan berperan dalam menyuarakan hak-hak masyarakat Banten yang termarjinalkan.

“Untuk itu, marilah bersama-sama kita berkolaborasi untuk mewujudkan visi luhur ini demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banten, ” tutupnya.

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News