Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tangerang, Tim Penilai Lakukan Verifikasi Lapangan

By Redaksi / 14/05/2024
berita-1fc2775d-297c-4d3c-a654-e2189b589a89
Spread the love

Tangerang, PB|Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa mulai melakukan verifikasi lapangan ke Desa Lembangsari Kecamatan Rajeg, Selasa (14/05/2024).

Verifikasi lapangan ini dilakukan dalam rangka meninjau kesesuaian penerapan indikator penilaian pada ajang lomba Desa tingkat Kabupaten Tangerang.

Mewakili Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Desy Natalia menyampaikan, tahapan penilaian ekspos dan klarifikasi lapangan ini adalah tahapan sangat menentukan predikat juara. Dalam tahap verifikasi ini, semua peserta saling berlomba untuk saling membuktikan kemajuan desanya baik dalam bidang pemerintahan, kewilyahan maupun bidang kemasyarakatan. Setiap desa juga harus mampu membuktikan secara riil mengenai potensi/keunggulan dan inovasi desa yang telah disampaikan pada tahapan ekspose atau pemaparan.

“Dalam tahap ini yang paling subtansi adalah semua peserta harus mampu membuktikan semua dokumen yang sesuai dengan isian pada instrumen pengungkap data yang ada pada aplikasi Epdeskel. Baik itu bukti keterisian buku administrasi para perangkat Desa, BPD, Lembaga Kemasyarakatan Desa, bukti dokumentasi kegiatan pemerintah Desa,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pada penyelenggaraan Lomba Desa tahun 2024 ini terdapat sedikit perbedaan dalam pelaksanaan tahapan penilaian. Yang dimana, tahapan ekspose atau pemaparan disatukan dengan tahapan klarifikasi lapangan. Selain itu, pada tahapan lomba Desa di masing-masing tingkatan, mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga ke tingkat regional terdiri dari beberapa tahapan penilaian. Diantaranya yakni tahapan administrasi, ekspos pemaparan dan verifikasi lapangan ,pleno verifikasi lapangan dan penetapan Juara.

“Pada tahap penilaian ini, penanganan stunting dan penanganan kemiskinan ekstrem yang menjadi isu nasional pun masuk ke bagian penilaian,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Rajeg, Oman Apriaman menyampaikan, Desa Lembangsari merupakan Desa terbaik yang ada di kecamatan Rajeg. Maka dari itu, ia menunjuk Desa Lembangsari untuk mewakili Rajeg ke tingkat Kabupaten Tangerang.

“Harapan kami mudah mudahan Desa Lembangsari dapat menjadi juara dan dapat mewakili Kabupaten Tangerang dalam lomba desa tingkat Provinsi Banten,” ucapnya. (An/Red)

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News