Peringati Malam Nujulul Qur’an, Ratusan Jama’ah Ponpes Hidayatul Hikmah Ikuti Baiat Thoriqoh Qodiriyah

By Redaksi / 18/04/2022
IMG-20220419-WA0001

CISOKA|Dalam Rangka peringatan malam Nuzulul Qur’an, ratusan Jamaah mengikuti Talqin atau pembaiatan thoriqoh qodiriyah pada Senin (18/04/2022).

Acara tersebut digelar di pondok pesantren Hidayatul Hikmah kampung sukajami RT.003/003 Desa Sukatami kecamatan Cisoka, kabupaten Tangerang Banten dan Berlangsung dari pukul 20.00 sampai dengan 22.30.

Pembaiatan tersebut dipimpin langsung oleh Buya KH Mukhtar Kamal selaku Rois Idaroh Syubiyah JATMAN kabupaten Tangerang, sekaligus Pimpinan pondok pesantren. Dan di ikuti lebih dari 600 jama’ah yang terdiri dari para Kiyai, Ustd, serta tokoh masyarakat dan jama’ah yang tersebar dari masing masing wilayah di kabupaten Tangerang.

Dalam sambutannya Buya KH Mukhtar Kamal menjelaskan bahwa Thoriqoh atau tarekat merupakan jalan yang ditempuh berdasarkan syariat oleh seorang Thoriq/pejalan untuk lebih mengetahui, memahami dan mengenal sang Kholiq. Beliau pun menegaskan bahwa Syariat, tarekat dan hakekat merupakan tiga hal yang tak terpisahkan.” Tegasnya.

Tak hanya itu, Sekjen Idaroh Syubiyah JATMAN kabupaten Tangerang Kiyai Muhamad Endi pun menambahkan bahwa Thoriqoh qodiriyyah merupakan tarekat yang didirikan oleh Sayyid Syekh Muhyiddin Abdul Qodir Al Jailani al-Baghdadi.

“Thoriqoh ini sudah mulai berkembang sejak Abad ke 13 di Iraq dan Syuriah.Namun mulai terkenal di dunia pada abad ke 15,dan berkembang di Indonesia yaitu pada abad ke 16.” paparnya. 

 

Kontributor: Muhdi Perdiansyah

 

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News