Berkas Pendaftaran Anies-Cak Imin Resmi Diterima KPU, Lanjut Tahap Verifikasi

By Redaksi / 19/10/2023
IMG-20231019-WA0002

Jakarta, PB|Berkas pendaftaran Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024 resmi diterima Komisi Pemilihan Umum RI pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Berkas pendaftaran paslon yang disingkat Amin itu diserahkan perwakilan parpol, yakni Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid didamping para sekjen parpol mencakup perubahan yang diterima langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran, koordinasi, kerja sama KPU dengan pimpinan partai politik yang bergabung dalam pengusulan atau pendaftaran pasangan bakal capres dan cawapres sejak beberapa waktu lalu dan puncaknya pada hari ini pada kegiatan pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres,” kata Hasyim usai menerima berkas pendaftaran pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar melansir viva.co.id.

Menurut Hasyim, secara administrasi berkas yang diterima nanti akan diberikan penilaian apakah sudah lengkap atau belum lengkap. Apabila berkas tersebut belum lengkap, maka memberikan waktu untuk melengkapinya kembali.

“Tapi sebelum sampai ke sini pasti ada tim verifikasi, ‘help desk’, dengan ‘liaison officer’, gabungan partai politik sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap. Alhamdulillah,” katanya. Setelah itu,berkas pendaftaran tersebut akan masuk pada tahapan verifikasi yang memiliki dua ukuran , yakni dokumennya benar atau tidak benar dan sah atau belum sah.

Ia menuturkan pasangan bacapres-bacawapres akan diberi kesempatan jika dokumen tersebut dinyatakan belum sah. Nanti ada kesempatan untuk pemeriksaan guna dilakukan perlengkapan atau perbaikan-perbaikan, jelas Hasyim. Tahapan selanjutnya, lanjut Hasyim, KPU akan memberikan surat pengantar kepada bakal pasangan capres-cawapres untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Hal ini dilakukan penilaian tentang kemampuan menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

Tes kesehatan ini akan dilakukan tim pemeriksa di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Adapun pemeriksaan kesehatan pasangan Anies-Muhaimin digelar pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News