Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih 2 Penghargaan 

By Redaksi / 26/04/2024
Foto 2
Spread the love

Jakarta, PB|PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat kembali mengukir prestasi dengan keberhasilan meraih 2 penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards 2024 yang merupakan acara penghargaan mengenai program berkelanjutan. (26 April 2024)

Acara yang diselenggarakan oleh The Pinnacle Group International tersebut memperlihatkan dedikasi Pertamina dalam mendorong perubahan positif berkelanjutan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Melalui 2 (dua) program TJSL dari unit operasinya yaitu Fuel Terminal (FT) Tanjung Gerem dengan program PRIMAPAN (Perempuan Mandiri Mencapai Ketahanan Pangan) yang mendapatkan predikat Silver Winner pada kategori Best Community Program dan Kampung Sirih Mekarsari program dari Soekarno-Hatta Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI) yang mendapatkan predikat Silver Winner pada kategori The Best CSR. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Matthias Gelber selaku Co-Founder, ESG Innovation Hub kepada Pertamina yang berlangsung di Hanoi, Vietnam pada Kamis (25/04) waktu setempat.

Program PRIMAPAN (Perempuan Mandiri Mencapai Ketahanan Pangan) yang dijalankan oleh FT Tanjung Gerem merupakan program yang berfokus pada peran perempuan dalam mengusung kesetaraan gender yang melibatkan poin penting dalam pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Program ini bertujuan untuk menciptakan lahan terbuka, meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan Wanita Tani Cahya.

Sedangkan Program Kampung Sirih Mekarsari merupakan program pemberdayaan Ibu Rumah Tangga melalui pengelolaan tanaman sirih di pekarangan rumah.Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pendapatan ekonomi, edukasi pelestarian lingkungan, dan pelaksanaan program yang menyasar masyarakat rentan di Desa Mekarsari melalui olahan sirih.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan menyampaikan bahwa pelaksanaan program TJSL di wilayah operasional PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat merupakan wujud komitmen Pertamina dalam menumbuhkan langkah inovatif dalam pengembangan masyarakat serta mendukung capaian Sustainable Development Goals (SGDs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Kami berharap dengan adanya langkah-langkah inovatif dalam program pengembangan masyarakat seperti yang dilakukan di FT Tanjung Gerem dan SHAFTHI ini akan membawa dampak positif untuk masyarakat sekitar serta mendukung capaian Sustainable Development Goals (SGDs) no 2 dan 5 yaitu mengenai keberlanjutan tanpa kelaparan dan kesetaraan gender,” ungkap Eko.

Eko Kristiawan menambahkan, dengan prestasi yang diraih oleh kedua program di tingkat internasional ini kedepannya dapat memberikan multiplier effect di sekitar wilayahnya dan terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi yang muncul dari masyarakat

“Seperti program CSR Kampung Sirih Mekarsari yang mempunyai impian agar Program Kampung sirih dapat bertransformasi menjadi Kawasan Edutourism (Education & Tourism) yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk resistensi menghadapi perubahan iklim,” tutup Eko.

Pertamina berkomitmen untuk memberikan manfaat positif dan berguna bagi masyarakat, oleh karena itu penghargaan ini menjadi dorongan bagi Pertamina untuk terus menjalankan program CSR dan mendorong produk keunggulan bangsa untuk dikenal di kancah dunia internasional.

Dengan semangat yang tak tergoyahkan, Pertamina akan terus maju, meraih prestasi dan berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat dan bangsa. (Ts/Red)

 

Redaksi

Related posts

Newsletter

Dapatkan notifikasi beita terbaru.

ban11

Recent News